Blogroll

SELAMAT DATANG DI BLOG BEM FKIP UNIVERSITAS RIAU

Selasa, 05 Maret 2013

Character Building Of Education (CBE)

Latar Belakang
Menjaga sikap dan tindak tanduk positif tidak hanya menjadi tanggung jawab guru dan keluarganya saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab semua orang. Guru yang selalu mngusahakan keluarganya menjadi garda terdepan dalam memberikan pendidikan dengan sebuah contoh adalah cerminan komitmen dan pendalama makna dari seoang guru. Sang guru harus berusaha agar keluarganya baik dan tidak korupsi agar ia dapat mengajari kepada murid-muridnya yang merupakan remaja generasi penerus bangsa memiliki moral dan akhlak yang baik agar tidak korupsi, berusaha tidak berbohong agar murid-muridnya sebagai remaja yang bik tidak menjadi pendusta, tidak terjebak dalam kenakalan remaja.
Guru adalah profesi yang mulia dan tidak mudah dilaksanakan serta memiliki posisi yang sangat luhur di masyarakat. Semua orang yang mengerti akan peran dan tanggung jawab seorang guru akan membenarkan pernyataan ini. Peran guru tidak hanya sebatas tugas yang harus dilaksanakan di depan kelas saja, akan tetapi seluruh hidupnya harus didedikasikan untuk pendidikan. Tidak hanya menyampaikan teori-teori akademis saja, tetapi suri tauladan yang digambarkan dengan perilaku seorang guru dalam kehidupan sehari-hari.
Namun kenyataan yang terjadi saat ini adalah mahasiswa yang dinisbatkan sebagai calon guru belum menyadari peran, tugas, dan tanggung jawab besar yang akan diembankan kepadanya. Mereka masih asyik dengan glamour remaja masa kini yang
tidak sesuai dengan profesi yang akan dijalaninya nanti. Mode-mode yang beredar di pasaran menjadi salah satu yang tidak dapat mereka elakkan karena sifat egois masa remajanya.

Dengan tidak menyadari hal itu, akhirnya mereka merusak citra guru yang seharusnya senantiasa digugu dan ditiru dalam setiap aspek kehidupannya. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan  BEM FKIP Universitas Riau, menaja sebuah kegiatan yang diperuntukkan kepada calon guru, mahasiswa baru FKIP 2012. Agar nantinya mereka dapat menjadi calon guru dengan perilaku yang baik.

Dasar Kegiatan 
1.         Undang-Undang No. 20 tahun 2000 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.         Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi
3.         Kepmendiknas No.155/0/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi
4.         Surat Keputusan Dirjen Dikti No.26/Dikti/Kep/1988 tentang Pola Pengembangan Kemahasiswaan
5.         Rekomendasi Paripurna Kelembagaan FKIP 2012
6.         Program kerja dinas Pendidikan BEM FKIP Universitas Riau Periode 2012/2013

            Tujuan Kegiatan
1.      Membangun karakter guru dalam diri mahasiswa FKIP 2012.
2.     Mensosialisasikan Gerakan Pakaian Rapi dan Sopan (GPRS) sebagai bentuk penanaman karakter guru dalam diri mahasiswa FKIP 2012,
      3.   Memotivasi mahasiswa baru agar tidak hanya aktif dalam kegiatan akademis saja, tetapi juga 
            dalam   kelembagaan dan organisasi mahasiwa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar